Senin, 20 Oktober 2014

Ekonomi Akuntansi


 EKONOMI


Ekonomi merupakan salah satu ilmu social yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan denan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Ekonomi berasal dari bahsa yunani yaitu oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti aturan. Maka secara garis besar ekonomi dapat diartikan sebagai Aturan dalam rumah tangga. Dalam kehidupan sehari-hari, ekonmi sangat diperlukan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karena itu ekonomi merupakan salah satu imu yang paling penting dalam kehidupan manusia. Selian itu, ekonomi sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan dalam suatu Negara, apakah keadaan ekonomi yang baik maupun buruk.
Secara umum ekonomi dapat diartikan sebagai sebuah kajian ilmu yang berhubungan tentang pengurusan sumber daya material indovidu, masuarakat, dan Negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia.
Dalam ekonomi kita dapat mempelajari akuntansi karena akuntansi adalah bagian dari ekonomi, dan disini saya akan menekankan pada apa itu Akuntansi?

KEGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI
Sebagai mahasiswa baru di jurusan akuntansi, pasti kita belum bnyak mengetahui apa itu akuntansi walaupun mungkin sebagian mahasiswa teah di beri pelajaran akuntansi pada saat di SMA. Sebelum belajar akuntansi, beberapa pertanyaan akan muncul. Apa itu akuntansi? apa tugas seorang akuntan? Apa manfaat bidang ini?.
Sebenarnya dalam kehidupan kita sehari-hari, kita pasti pernah menggunakan jasa bidang ini. Misalnya Ketika seseorang ibu-ibu yang sehabis belanja past dia akan menghitung apa yang sudah ia belanjakan dan menyamakan dengan uang semula. Maka ibu tadi telah menerapkan teknik akuntansi. Begitu juga yang terjadi pada seorang pemilik warung yang membuat catatan tentang orang-orang yang ngebon di warungnnya, penerapan pengetahuan di bidang akuntansi tentu akan semakin luas.
Mengapa mereka melakukan itu? Karena kebutuhan akan informasi yang dapat digunakan untuk menentukan tindakan yang harus diambil. Dalam sebuah perusahaan besar, informasi yang diperlukan sangat banyak dan bervariasi. Fungsi akuntansi menjadi makin penting bagi setiap unit dalam masyarakat. Dalam banyak hal individu harus mempertanggungjawabkan penghasilannya. Misalnya, ia harus membayar pajak dan untuk itu perlu informasi tentang penghasilan serta biaya-biaya yang dapat dikurangkan. Dengan informasi tadi ia dapat membuat laporan tentang pajak yang terutang.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa akuntansi akan menghasilkan informasi yang berguna bagi pihak-pihak yang menyelenggarakannya maupun pihak-pihak luar. Akuntansi adalah media komunikasi, oleh karena itu sering disebut sebagai “bahasanya dunia usaha” (business language).

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Ekonomi

-       Sumarso;Revisi Akutansi Suatu Pengantar,Edisi 5;Salemba Empat,;Jakarta;2004




Tidak ada komentar:

Posting Komentar