Senin, 20 Oktober 2014

Pengertian Akuntansi


PENGERTIAN AKUNTANSI DARI PARA AHLI


-       Pengertian Akuntansi menurut American Accounting Assosiation mendefinisikan akuntansi sebagai:

“……… proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut”
Definisi diatas dapat diartikan sebagai:

1. Kegiatan Akuntansi

Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi

2. Kegunaan Akuntansi

Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan pengambilan keputusan mengei kesatuan usaha yang bersangkutan.

-       Pengertian akuntansi menurut American Institute of Certified Public Accounting (AICPA) dalam Harahap (2003) mendefinisikan akuntansi sebagai seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran, dengan cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk manafsirkan hasil-hasilnya.

-       Pengertian akuntansi menurut Charles T. Horngren, dan Walter T. Harrison (Horngren Harrison,2007:4) menyatakan bahwa: Akuntansi adalah system informasi yang megukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi dan menginterprestasikan aktivitas keuangan. Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambilan kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, krediur atau pemilik.

Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari suatu kesatuan ekonomi (economic entity) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Untuk menghasilakan informasi ekonomi,perusahaan perlu menciptakan suatu metode pencatatan, penggolongan, analisis, dan pengendalian transaksi serta kegiatan-kegiatan keuangan, kemudian melaporkan hasilnya.

Sumber:

-       Id.m.wikipedia.org/wiki/akuntansi

http://pengertianakuntansimenurut10paraahli.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar