Senin, 20 Oktober 2014

Persamaan Akuntansi Dasar


PERSAMAAN AKUNTANSI DASAR


Dalam persamaan dasarAkuntansi, terdapat jenis-jenis laporan keuangan yang ada, salah satunya neraca. Neraca adalah laporan keuangan yang menunjukkan posisi sumber daya tersebt. Neraca adalah laporan keuangan satu-satunya yang bisa dibuat pada awal pendirian atau pembukaan oleh perusahaan. Dalam akuntansi selalu ada persamaan antara kekayaan dan sumber pembelanjaan. Kesamaan itu biasanya dinyatakan dalam suatu persamaan yang disebut persamaan akuntansi sebagai berikut:

KEKAYAAN = SUMBER PEMBELANJAAN

            Biasanya kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan disebut Aktiva atau harta. Apabila aktiva yang dimiliki perusahaan bernilai Rp. 100,000 maka sumber pembelajaan juga harus bernilai Rp. 100,000. Aktiva menunjukkan bentuk kekayaan yang dimiliki perusahaan. Ia merupakan sumber daya bagi perusahaan untuk melakukan usaha. Sumber pembelanjaan, dilain pihak, menunjukkan siapa yang membelanjai kekayaan tadi. Oleh sebab itu maka aktiva harus selalu sama dengan sumber pembelanjaanya.Aktiva pada perusahaan berupa kas, piutang, peralatan kantor, kendaraan mesin-mesin, bangunan, tanah dan sebagainya.

            Sumber pembelajaan/aktiva dapat dibagi menjadi dua yakni dari kreditur dan pemilik. Bagi perusahaan, diterimanya pembelanjaan dari kreditur membawa akibat timbulnya kewajiban untuk mengembalikannya. Oleh karena itu, sumber pembelanjaan dari kreditur disebut kewajiban atau kadang-kadang disebut utang. Sumber pembelanjaan dari pemilik disebut Modal

Jumlah total aktiva akan sama dengan jumlah total pasiva. Nilai total aktiva yang selalu sama dengan nilai total pasiva yang disebut persamaan akuntansi. Persamaan akuntansi adalah persamaan yang menunjukkan jumlah harta kekayaan suatu perusahaan yang sama dengan jumlah dari hutang dan modal perusahaan tersebut.

Rumus Aktiva dalam Persamaan Dasar Akuntansi

Aktiva (Harta) = Kewajiban (Hutang) + Modal

Modal = Aktiva (Harta) - Kewajiban(Hutang)

Persamaan Dasar Akuntansi tidak hanya mencatat transaksi berkaitan langsung dengan aktiva, hutang dan modal saja. Persamaan Dasar Akuntansi juga digunakan melihat pengaruh transaksi pendapatan, pengeluaran biaya, dan prive yang dilakukan pemilik perusahaan terhadap akun-akun aktiva maupun pasiva.

Sumber:

-       Sumarso;Revisi Akutansi Suatu Pengantar,Edisi 5;Salemba Empat,;Jakarta;2004
http://isma-ismi.com/persamaan-dasar-akuntansi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar